Selasa, 04 Februari 2014

Setting FTP Server

       FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antarmesin dalam sebuah internetworkFTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. 
            FTP server adalah server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukan-menukar file. FTP server harus selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan dari FTP klien. Sedangkan FTP client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. setelah terhubung ke FTP server, maka klien dapat mengunduh, mengunggah, me-rename, menghapus, dll sesuai permission yang diberikan oleh FTP server. Beberapa contoh FTP server antara lain: proftpd, vsftpd, wuftpd, dan IIS. Contoh FTP client antara lain: cuteFTP, Wget, WsFTP, getright, absoluteFTP, smartFTP, dll. 
Tujuan FTP server antara lain: - sharing data
                                                       - menyediakan indirect atau implicit remote computer
                                                       - menyediakan tempat penyimpanan bagi user
                                                       - menyediakan transfer data yang reliable dan efisien
FTP server dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Public FTP/Anonymous FTP: FTP server yang mengizinkan siapapun untuk memperoleh (mengunduh) file-file yang terdapat pada FTP server tersebut.
2. Private FTP: FTP server yang hanya mengizinkan orang-orang tertentu untuk mengakses file-file biasanya menggunakan metode authentication untuk melindungi Privat FTP

Proses kerja FTP Server:

Cara Mengeset FTP Server
Ketik yum install nama-aplikasi. Contoh: yum install vsftpd (untuk fedora) atau apt-get install vsftpd.(untuk ubuntu)




(referensi: http://agustya-blog.blogspot.com/2013/01/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-ftp.html , http://jallu74.blogspot.com/2011/12/pengertian-ftp-server-dan-ftp-client.html , http://aldy.blog.student.eepis-its.edu/2013/04/06/ftp1/ , http://sabtoxandros.wordpress.com/2013/04/16/pengertian-ftp-server/ )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar