Rabu, 05 Februari 2014

Setting SSH

      Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. SSH banyak digunakan terutama pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti internet.
    SSH menggunakan kriptografi kunci publik untuk mengotentikasi komputer remote dan membiarkan komputer remote untuk mengotentikasi pengguna jika perlu. SSH biasanya digunakan untuk login ke mesin remote dan mengeksekusi berbagai perintah, tetapi juga mendukung tunneling, forwarding TCP port dan X11 connections yang dapat mentransfer file menggunakan SFTP atau SCP protocols. SSH menggunakan klien-server model.

(referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/SSH )

Setting SSH
Ketik sudo apt-get install openssh-server pada terminal jika menggunakan ubuntu/debian. Jika menggunakan fedora/red-hat, ubah apt-get menjadi yum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar