Rabu, 05 Februari 2014

Setting SSL

     SSL (Secure Sockets Layer) adalah sebuah protokol keamanan data yang digunakan untuk menjaga pengiriman data web server dan pengguna situs web tersebut. SSL berfungsi untuk memastikan data transaksi yang terjadi secara online dienkripsi/diacak-acak sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Kegunaan utamanya adalah untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data ketika melakukan transaksi.


      OpenSSL adalah sebuah toolkit kriptografi yang mengimplementasikan SSL v2/v3 dan Transport Layer Security (TLS v1) dan terkait dengan protokol jaringan standar kriptografi yang dibutuhkan oleh keduanya. Aplikasi OpenSSL ini merupakan command line tool yang menggunakan berbagai fungsi kriptografi OpenSSL's crypto library dari shell. OpenSSL dapat digunakan untuk:
      1.       Penciptaan RSA, DH dan DSA parameter kunci
      2.       Penciptaan sertifikat X.509, CSRs dan CRLs
      3.       Perhitungan Pesan Digests
      4.       Enkripsi dan Dekripsi dengan Ciphers
      5.       Pengujian SSL / TLS Client dan Server
      6.       Penanganan S/MIME signed or encrypted email

(referensi: http://inilahinfo.blogspot.com/2012/04/apa-itu-ssl-definisi-dan-penjelasan-ssl.html , https://www.openssl.org/ )

Installasi OpenSSL

1. Pastikan komputer telah terhubung ke dalam jaringan komputer (internet/intranet) dan pastikan komputer telah menginstal web server sebelumnya.
2. Buka aplikasi terminal pada sistem operasi Linux. Gunakan akses sebagai root dengan mengetikkan sudo su (untuk Debian based) atau su (untuk Red Hat based) atau sesuaikan distro Linux. 
3. Ketikkan perintah yum install openssl openssl-devel mod_ ssl (pada Red Hat/Fedora based gunakan yum install, untuk Debian/Ubuntu based gunakan apt-get install). Jika diperlukan dapat ditambahkan opsi –skip-broken untuk mengabaikan peringatan lainnya. Tahap ini merupakan tahap penginstallan.
4. Setelah proses instalasi selesai, ketikkan perintah /ete/init.d/httpd restart (untuk LAMP) atau /opt/lampp/lampp restart. Perintah tersebut dijalankan untuk merestart XAMPP yang dijalankan. Tujuannya adalah untuk menjalankan SSL di apache XAMPP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar